Rabu, 21 Desember 2011

Al Fill

Kegiatan kami hampir setiap pagi (kecuali sabtu dan ahad) adalah tahfidz Qur'an. Kegiatan ini biasanya berdurasi sekitar 30 menit - 1 jam yang tidak terlalu berat. Saya memulainya dengan memperdengarkan lantunan surat yang ingin kami hafalkan. Alhamdulillah pagi ini, A akan menghafal surat Al Fill. Sebelumnya A sudah menghafal Qs. An Naba - At-Tin. Dan Qs. An Nas - Al Quraisy. Sampai tadi pagi Abang A menghafal Surat Al Fill.

Sebelum memakai cara sekaligus satu surat/beberapa ayat, kami memakai cara menghafal per-satu ayat. Alhamdulillah, ternyata cara tersebut kurang cocok bagi kami. Setelah beralih dengan cara ini, menghafal jadi lebih cepat dan lebih asyik. Dari mendengarkan saja, ternyata sudah sekian persen dari proses memori itu sendiri. Tinggal sisanya kami membetulkan bacaan dengan mengucapkannya secara berulang-ulang. Proses menghafal anak-anak-pun kadang dilakukan sambil membangun brick, menggambar dan lain sebagainya. Seringnya sih sambil loncat-loncat dikasur, hehehe... ini sebabnya A sering berkhayal ingin punya trampolin.

Setelah selesai mendengarkan Al Qur'an, biasanya saya dan A mulai mengikuti MP3 anak yang kami donlot dari IslamWay. Kemudian A mengulangnya 10 kali masih dengan melihat Al Qur'an. Setelah itu biasanya Ia mulai hafal, dan mulai mengulangnya 10 kali tanpa melihat Al Qur'an. Hafal atau tidaknya surat tersebut, durasi menghafal Al Qur'an dirumah kami tetap paling lama 1 jam. Alhamdulillah, tadi pagi Ia hafal satu surat tersebut. Mungkin karena jumlah ayatnya yang memang lebih sedikit.

Setelah selesai tahfidz, saya mulai membacakan kepadanya (Read Aloud), tafsir surat Al Fill. Saya ingin memberikan "ruh" pada firman-firman Allah Azza wa Jalla yang telah Ia hafalkan. Tidak mengapa jika kemudian nanti ia lupa, tetapi mudah-mudahan nilai-nilai yang ditanamkan melalui cerita ini bisa melekat dalam dirinya.

Pada mulanya, A lebih tertarik dengan majalah yang ada ditangannya. Tetapi kemudian Ia mulai merapatkan badannya, dan mulai asyik mendengarkan cerita saya. Hingga kemudian lepas sudah majalah tersebut dari tangannya ^^ Kami bersama mengalir dengan cerita didalamnya, begitu juga dengan anak kami Y.

kemudian aktivitas kami selanjutnya yang masih ada kaitannya dengan Qs Al Fill adalah menggambar. Y ingin menceritakan surat Al Fill melalui gambar. Sedangkan A membuat Ka'bah dengan meletakkan sebuah batu besar ditengah-tengah pasir buatan yang Ia buat ^^ alhamdulillah bini'matihi tathimush sholihat.

1 komentar:

dian indriyati mengatakan...

mbaaaaak pingin nangis saya bacanya...masya allah yasmin 5 th sdh bisa menghafal. kok saya susah ya mengjari zaid hafalan. saya sedih, apa karena umminya juga hafalan kurang jadi itu menurun ke anak2.padahal saya ingin anak2 lebih baik dari saya. ...

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review