Kamis, 15 Desember 2011

Hadits Arba'in 1: Niat

Hari pertama bersahabat dengan hadits Arba'in Imam An Nawawi. Kami memulainya dengan lantunan hadits tentang niat dari Syaikh Saad Al Ghomidi.  MasyaAllah indah bukan? Link ini saya dapatkan dari Ummu Harits, seorang ibu dari anak-anak yang juga homeschool.



Hadits Arba'in Imam An Nawawi

عن أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول " إنما الأعمال بالنيات , وإنما لكل امرئ ما نوى , فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله , ومن كانت هجرته إلى دنيا يصيبها و امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه " متفق عليه

Arti Hadits:
Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu, dia berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallahu`alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena menginginkan kehidupan yang layak di dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.
(Riwayat dua imam hadits, Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari dan Abu Al Husain, Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaaburi di dalam dua kitab Shahih, yang merupakan kitab yang paling shahih yang pernah dikarang).

Kami juga mendengarkan hadits berserta dengan sanadnya. Sanad hadits tak kalah menarik. Apalagi dalam hadits ini Umar bin khaththab -radhiyallahu anh- disebutkan julukannya "Abi Hafshin". Hafshin sendiri berarti singa, Abi Hafshin artinya bapaknya singa. Julukan ini karena keberanian Umar yang sudah terkenal tersebut.

Karena julukan tersebut, anak-anak kami membuat gambar singa ala mereka. Begini nih gambarnya ^^ lutcu yha? Anak-anak juga membuka kamus bergambar mereka dan menemukan kosa kata baru dalam bahasa inggris.

Belajar hadits tentang niat ini mungkin akan memakan waktu 1 bulan, atau lebih. Mudah-mudahan bisa ada kelanjutannya... ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review