Jumat, 16 Desember 2011

Matematika Game: Tempat Bilangan

Ini adalah permainan tentang bilangan ratusan, puluhan dan satuan. Saya terinspirasi dari buku Math, My Pals are Here! grade 2 dari Mentari books. Tapi buku yang saya miliki tidak persis seperti yang digambar, maklum buku saya 2nd hand (alias buku bekas). Sedangkan yang digambar pada mentari books adalah 2nd edition. Sama-sama 2nd, tapi beda makna. hehehe...

Cara mainnya seperti ini:
1. Bagi anak-anak menjadi dua kelompok. Kalau dirumah, satu kelompok satu anak saja. Secara anak-anak saya baru tiga ^^ Kelompok diberi nama Rollies dan Showies.

2. Rollies memilih angka (1-10), dibuku dituliskan menggunakan dadu yang ada 10 sisi... oh no! Memilih angkanya sebanyak 3 kali. Angka pertama untuk ratusan, kedua untuk puluhan, ketiga untuk satuan.

Misalnya, Angka pertama 1 ----> Ratusan
Angka kedua 2 ----> Puluhan
Angka ketiga 1 ----> Satuan.

3. Kelompok Showies menunjukkan ketiga angka tadi dengan menggunakan block angka. Tapi berhubung saya tidak punya, jadi saya carikan pengganti saja. Untuk ratusan saya menggunakan kertas folio, saya katakan ke anak-anak ini seperti berisi kotak ratusan yha. Puluhan memakai manik-manik yang berisi sepuluh manik yang dikat dengan benang. Untuk satuan juga memakai manik satuan.

4. Kelompok Rollies dan Showies bisa bergantian giliran main.

Komentar anak kami Y, "Mainnya asyik sekali ummi..^^"

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review