Sabtu, 31 Desember 2011

Menyalin Buku Masa Kecil Para Ulama






Dalam belajar menulis, anak kami A menggunakan pendekatan dengan cara menyalin (copywork) keseluruhan ide cerita. Kali ini kami menggunakan buku berjudul "Masa Kecil Para Ulama," terbitan Wafa Kid.

Alhamdulillah, anak kami sudah menyalin sampai dengan 16 halaman. Tepat dihalaman ini, selesai sudah cerita mengenai ulama Iyas Adz-Dzaki, yang ditulis anak kami. Keseluruhan cerita ulama yang dikisahkan dalam buku ini adalah:

1. Iyas Adz-Dzaki
2. Sufyan bin Uyainah
3. Imam Asy-Sya’bi
4. Imam Asy Syafi’i
5. Imam An-Nawawi
6. Abu Hatim Ar-Raazi
7. Ibnu Al-Jauzy
8. Yahya bin Ma’in
9. Rabiah Ar-Ra’yi
10. Rabi bin Khutsaim
11. Imam Bukhari
12. Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Hal yang menarik hati saya pada kisah Iyas Adz-Dzaki, saya kutipkan sedikit kisahnya ^^ ketika ada seorang guru yahudi yang berkata, "Tidakkah kalian heran dengan kaum muslimin itu? Mereka bilang di surga bisa makan, tapi tidak akan buang air besar, mana mungkin?" Iya menjawabnya dengan baik sekali, "Pak, apakah semua yang dimakan di dunia ini keluar menjadi kotoran?" "Jelas tidak," kata guru. "Lantas kemana perginya yang tidak keluar itu?" sahut Iyas. Guru Yahudi menjawab, "Terserap tubuh!" Maka Iyas berkata, "Lantas dengan alasan apa kalian mengingkari? Jika makanan yang kita makan di dunia saja sebagian hilang terserap tubuh, maka tak mustahil di Jannah seluruhnya diserap tubuh." Subhanallah... jawaban yang cerdas sekali.

Dari kegiatan copywork ini manfaat yang insyaAllah dapat dirasakan adalah pemahaman anak akan isi bacaan bertambah (bi idznillah). Yang kedua, anak memahami aturan-aturan baku dalam menulis sebuah kalimat yang utuh. Misalnya belajar menulis huruf di awal kalimat, menulis nama orang, bagaimana meletakkan tanda kutip, tanda koma, titik dan lain sebagainya.

Majalah Anak Sholih

Alhamdulillah datang juga bundel majalah Anak Sholih yang saya pesan lewat internet. Saya memesan online karena sulit untuk mendapatkan majalah tersebut disekitar rumah tempat kami tinggal. Alhamdulillah, ketika ada yang menjual bundelnya di facebook, langsung deh saya pesan ^^

Dari segi penampilan, majalah ini sebenarnya seperti majalah anak lainnya. Menurut iklan, isinya disesuaikan dengan kurikulum sekolah TK untuk satu tahun. Istimewanya juga, yang mungkin tidak dimiliki majalah sejenis adalah isi yang berlandaskan kepada Al Qur'an, assunnah dan pemahaman shahabat dalam beragama. MasyaAllah, anak kami Y senang sekali, "makasih ummi," katanya ^^ Di rumah juga ada majalah anak Kuark (langganan anak kami A) dan Bee Junior (limpahan majalah 2nd ^^), tapi majalah Anak Sholih rupanya termasuk yang istimewa baginya.

Sedikit aktifitas dari majalah Anak Sholih,
1. Menempel bentuk geometri











2. Percobaan






















Begitu sedikit share aktifitas kami dari sebuah majalah. Kami baru membaca 2 edisi majalah tersebut.

Buku Pertama Y

Ini adalah buku pertama yang dibaca anak kami Y (5 tahun 1 bulan). Ia yang memilihkan buku bacaannya sendiri. MasyaAllah senang rasanya melihatnya semangat untuk membaca buku sendiri.

Judul asli buku ini adalah "I'll Show You, Blue Kangaroo!". Diterjemahkan menjadi "Ayo Kutunjukkan, Kangguru Biru!". Tokoh utamanya adalah seorang anak perempuan bernama Lily. Lily memiliki boneka kangguru berwarna biru. Cerita bermula dimana lily ingin melakukan apa saja yang orang-orang sekelilingnya lakukan, walaupun mungkin itu berbahaya untuk dirinya atau orang lain. Sampai suatu ketika Ia mungkin saja membahayakan adiknya dengan aksinya tersebut.

Buku ini diceritakan dalam dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Anak kami Y hanya membaca yang berbahasa Indonesia saja, tentu saja karena ia belum terlalu bisa membaca tulisan berbahasa inggris.

Rabu, 21 Desember 2011

Al Fill

Kegiatan kami hampir setiap pagi (kecuali sabtu dan ahad) adalah tahfidz Qur'an. Kegiatan ini biasanya berdurasi sekitar 30 menit - 1 jam yang tidak terlalu berat. Saya memulainya dengan memperdengarkan lantunan surat yang ingin kami hafalkan. Alhamdulillah pagi ini, A akan menghafal surat Al Fill. Sebelumnya A sudah menghafal Qs. An Naba - At-Tin. Dan Qs. An Nas - Al Quraisy. Sampai tadi pagi Abang A menghafal Surat Al Fill.

Sebelum memakai cara sekaligus satu surat/beberapa ayat, kami memakai cara menghafal per-satu ayat. Alhamdulillah, ternyata cara tersebut kurang cocok bagi kami. Setelah beralih dengan cara ini, menghafal jadi lebih cepat dan lebih asyik. Dari mendengarkan saja, ternyata sudah sekian persen dari proses memori itu sendiri. Tinggal sisanya kami membetulkan bacaan dengan mengucapkannya secara berulang-ulang. Proses menghafal anak-anak-pun kadang dilakukan sambil membangun brick, menggambar dan lain sebagainya. Seringnya sih sambil loncat-loncat dikasur, hehehe... ini sebabnya A sering berkhayal ingin punya trampolin.

Setelah selesai mendengarkan Al Qur'an, biasanya saya dan A mulai mengikuti MP3 anak yang kami donlot dari IslamWay. Kemudian A mengulangnya 10 kali masih dengan melihat Al Qur'an. Setelah itu biasanya Ia mulai hafal, dan mulai mengulangnya 10 kali tanpa melihat Al Qur'an. Hafal atau tidaknya surat tersebut, durasi menghafal Al Qur'an dirumah kami tetap paling lama 1 jam. Alhamdulillah, tadi pagi Ia hafal satu surat tersebut. Mungkin karena jumlah ayatnya yang memang lebih sedikit.

Setelah selesai tahfidz, saya mulai membacakan kepadanya (Read Aloud), tafsir surat Al Fill. Saya ingin memberikan "ruh" pada firman-firman Allah Azza wa Jalla yang telah Ia hafalkan. Tidak mengapa jika kemudian nanti ia lupa, tetapi mudah-mudahan nilai-nilai yang ditanamkan melalui cerita ini bisa melekat dalam dirinya.

Pada mulanya, A lebih tertarik dengan majalah yang ada ditangannya. Tetapi kemudian Ia mulai merapatkan badannya, dan mulai asyik mendengarkan cerita saya. Hingga kemudian lepas sudah majalah tersebut dari tangannya ^^ Kami bersama mengalir dengan cerita didalamnya, begitu juga dengan anak kami Y.

kemudian aktivitas kami selanjutnya yang masih ada kaitannya dengan Qs Al Fill adalah menggambar. Y ingin menceritakan surat Al Fill melalui gambar. Sedangkan A membuat Ka'bah dengan meletakkan sebuah batu besar ditengah-tengah pasir buatan yang Ia buat ^^ alhamdulillah bini'matihi tathimush sholihat.

Spelling McGraw Hill grade 1

Y (5 tahun 1 bulan), sepertinya suka belajar bahasa. Hal ini pernah dikatakan sendiri kepada saya, "Paling suka belajar bahasa Inggris sama bahasa Arab." Ketika saya tanyakan alasannya, Ia menjawab, "Habis asyik sih!".

Alhamdulillah, setidaknya saya tahu belajar apa yang Ia senangi ^^ Kendala selanjutnya adalah, saya tidak pandai berbahasa inggris, apalagi bahasa arab. Akhirnya tetap mem-PDkan diri sambil juga terus belajar... Untuk bahasa Inggris, Abangnya A sudah menggunakan RAZ Kids . Tetapi untuk si Y, kami belum memikirkan untuk berlangganan produk tertentu. Kemarin sempat tertarik dengan readingeggs, tapi rencana tersebut kami tunda dulu.

Alhamdulillah kemudian kami menemukan link free ebook untuk belajar spelling yang lumayan bagus dari blog Talibiddeen. Saya mendonlot ebook dari McGraw Hill untuk grade 1. Kemudian Y mengisi worksheet dr ebook tsb. Selain itu Y juga bermain bersama saya mengelompokkan kata sesuai bunyinya. Alhamdulillah, sejauh ini berjalan lancar. Mudah-mudahan untuk selanjutnya begitu ^^

Selain link tersebut, Anda juga bisa menggunakan Spelling ebook dari Zaner bloser. Untuk yang ini kami belum menggunakannya.

Selasa, 20 Desember 2011

Prakarya

Ini adalah prakarya anak kami A (7 tahun 10 bulan). Ia menolak meniru sebuah buku prakarya yang kami miliki. Ia ingin membuat nyamuknya sendiri, katanya. ^^

Sedangkan yang ini adalah prakarya Y (5 tahun 1 bulan). Ia ingin buat hiasan dinding berupa bunga. Kami menirunya dari sebuah buku. Saya juga ikut membantunya. Kami mengerjakannya pada waktu pagi selama dua hari ^^


 Begini hasilnya, dengan bangga ia menunjukkan prakaryanya untuk di foto ^^

Minggu, 18 Desember 2011

Alphabet Snake

Alhamdulillah, anak kami Y (5 tahun 1 bulan) sudah lumayan bisa membaca. Ketika seorang anak sudah bisa membaca, yang menarik darinya adalah ia ingin membaca apa saja yang tertera. Dari layar komputer, merk sebuah produk, nama sebuah toko, atau bahkan sebuah sms di Hp saya. Semua membuat saya tersenyum-senyum, karena ia mengucapkannya dengan kata-kata yang lambat, akibat berusaha membacanya dengan benar ^^

Aktifitas kali ini saya tujukan untuk Y, walau ia sudah lumayan pandai membaca, tetapi saya belum tahu apakah ia sudah benar-benar mengenal huruf ^^ Maklum, anak kami belajar membaca dengan metode kosa kata. Maka saya menunjukkan sebuah aktivitas dari kizclub menempel huruf alphabet snake, ia menyetujui untuk melakukannya.

Ia menempelkan alfabet secara urut. Ada yang huruf besar dan ada yang huruf kecil. Beberapa ia tidak kenal yang mana huruf besarnya, seperti huruf Q ia belum terlalu familiar ^^ setelah itu ia mulai mengguntingnya dan menjadikannya ular alfabet. Ia juga membaca buku online, tentang alfabet.

Aktivitas Sensorik

Ketika anak-anak kami beraktivitas membuat Planet Bumi. Anak kami H (11 bulan) juga membuat planet buminya sendiri.

Begini yang ia lakukan:
Pertama ia meremas-remas pewarnanya, kemudian menuangkan pewarna ke kertas, ke lantai, juga ke baju ;p Setelah puas meremas-remas, dan mencetak-cetaknya, akhirnya ia berniat mancicipi wadah pewarnanya...hmm... yummy...

Peringatan : Jangan lakukan kegiatan ini diwaktu sibuk Anda. Awasi anak-anak Anda ketika melakukannya, jangan ditinggal maksudnya ^^

Begini hasilnya....




Astronomi, Planet Bumi

Bagi anak-anak yang bersekolah dirumah, belajar bisa berawal dari kegiatan apa saja. Misalnya saja pagi yang lalu, anak kami A sedang membaca buku tentang astronomi. Dia menceritakan kepada saya keistimewaan buku tersebut. Bercerita tentang bintang apa yang paling besar, satelit planet mana yang paling banyak, dan yang lainnya. Dari proses itu yang manfaat pertama yang saya rasakan tentu adalah bonding antara orangtua dan anak. Selanjutnya saya dapat menikmati celoteh dan apa-apa yang ada dalam pikirannya secara langsung, tanpa perantara orang kedua, atau orang ketiga. Subhanallah... sungguh seharusnya ini adalah kenikmatan yang luar biasa yang dirasakan seorang ibu.


Berbekal buku tersebut maka topik aktivitas belajar sains kami adalah tentang Planet Bumi. Setelah membaca buku, saya mengambil sebuah kertas dan menggambar sebuah lingkaran sederhana yang saya namakan Pizza Bumi. Saya menggambar dengan sederhana, sebelum "mood" anak-anak hilang karena saya ingin penampilan yang lebih menarik dalam mempresentasikan bola bumi tsb. Saya kemudian langsung teringat anak kami Y (5 tahun 1 bulan) baru saja selesai menonton free movie of the week dari BrainPOP Jr yang bercerita tentang pecahan. Jadi saya katakan misalnya saja Bumi ini kita umpamakan seperti lingkaran pizza (yeah... saya tahu bukan lingkaran ^^). Maka 3/4 bagiannya adalah lautan. Y yang menunjukkan seperti apa 3/4 bagian dari satu lingkaran tersebut. Kemudian 1/4 bagian dari bumi adalah daratan. Y kembali menunjukkan bagian yang mana 1/4 itu. Begitu seterusnya ketika saya menemukan fakta benua dengan luas 1/3 bagian bumi.


Pada anak kami A, saya mempresentasikan semisal bumi itu seperti jeruk. Kita belah tengahnya, maka yang dinamakan diameter adalah garis tengahnya jeruk ini. Diameter bumi adalah 12.756 Km, dan keliling bumi adalah 40.074 Km. Dan saya bertanya berapa 1/2nya dari keliling bumi. Anak kami A menuliskan 20.37 Km. Sepertinya Ia lupa menuliskan angka nolnya ^^



Setelah itu anak-anak melakukan aktivitas menggambar bumi. Mereka membuat gambar bumi secara sederhana. Oh, oke... memang gambarnya sangat sederhana ^^ Lalu mencat gambar tersebut dengan pewarna makanan.

Begini hasilnya gambar bumi A dan Y. Bersamaan dengan aktivitas ini, anak kami H (11 bulan) juga melakukan aktivitas sensorik, ingin menggambar planet buminya sendiri. Hehehe...

Jumat, 16 Desember 2011

Matematika Game: Tempat Bilangan

Ini adalah permainan tentang bilangan ratusan, puluhan dan satuan. Saya terinspirasi dari buku Math, My Pals are Here! grade 2 dari Mentari books. Tapi buku yang saya miliki tidak persis seperti yang digambar, maklum buku saya 2nd hand (alias buku bekas). Sedangkan yang digambar pada mentari books adalah 2nd edition. Sama-sama 2nd, tapi beda makna. hehehe...

Cara mainnya seperti ini:
1. Bagi anak-anak menjadi dua kelompok. Kalau dirumah, satu kelompok satu anak saja. Secara anak-anak saya baru tiga ^^ Kelompok diberi nama Rollies dan Showies.

2. Rollies memilih angka (1-10), dibuku dituliskan menggunakan dadu yang ada 10 sisi... oh no! Memilih angkanya sebanyak 3 kali. Angka pertama untuk ratusan, kedua untuk puluhan, ketiga untuk satuan.

Misalnya, Angka pertama 1 ----> Ratusan
Angka kedua 2 ----> Puluhan
Angka ketiga 1 ----> Satuan.

3. Kelompok Showies menunjukkan ketiga angka tadi dengan menggunakan block angka. Tapi berhubung saya tidak punya, jadi saya carikan pengganti saja. Untuk ratusan saya menggunakan kertas folio, saya katakan ke anak-anak ini seperti berisi kotak ratusan yha. Puluhan memakai manik-manik yang berisi sepuluh manik yang dikat dengan benang. Untuk satuan juga memakai manik satuan.

4. Kelompok Rollies dan Showies bisa bergantian giliran main.

Komentar anak kami Y, "Mainnya asyik sekali ummi..^^"

Kamis, 15 Desember 2011

MEP Math Test

Begini kalau belajar tidak mengikuti panduan. Sebentar belajar yang ini, sebentar kemudian pindah kesana. Tapi disini juga kelebihan homeschool menurut saya. Kalau kurang cocok dengan satu buku, bisa dengan cepat pindah ke buku lainnya untuk materi yang sama. Benar-benar kelonggaran yang membawa manfaat, MasyaAllah.

Anak pertama kami A (7 tahun 10 bulan), tidak selalu menggunakan MEP Math. Kadang ia mengerjakan soal-soal dari BSE (Buku Sekolah Elektronik), kadang buku dari Mentari books (hei, sekarang Mentari books sedang ada diskon sampai 50% lho. Pssttt... promo akhir tahun), atau bahkan belajar math ketika ia membaca buku atau komik edukasi. Tapi sekarang saya mau menceritakan persahabatannya dengan MEP Math. Ah... sungguh persahabatan yang luar biasa. Putus... nyambung gitu... dan kadang nyambungnya sudah sampai dihalaman sekian ^^ Tapi, alhamdulillah akhirnya selesai juga MEP Math grade 2 anak kami ini.

Hingga sekitar 2 minggu yang lalu, anak kami A menghadapi MEP Math Test pertamanya. Pengen tahu, benarkah A kemampuannya cocok di grade selanjutnya (grade 3), secara belajarnya memang nemplok-nemplok. Jadi deh, A mengikuti online IPMA or MEP test. Tesnya sekitar 40 menit... Untuk mengikuti tes penempatan ini, dibutuhkan kode akses untuk tiap lavelnya. waktu pertama membuka soal-soalnya. Deng dong... kami bengong bersama-sama. Ngapain yah...? keadaan itu berlangsung cukup lama, padahal khan waktu terus berjalan ^^. Sampai kemudian sama-sama sadar, oh... harus diisi disini. Wkwkwk.... norak banget yah. Oke... oke, nomor 1 sampai saya lupa nomor berapa, yang saya ingat soal terakhir yang diselesaikan A lumayan susah (menurut saya). Begini ini hasilnya, Alhamdulillah, lulus ke grade 3 ^^

Saya print untuk dokumentasi, dan dokumentasi online juga. Sebagai catatan belajar anak kami A, akhir tahun 2011 ini. Tulisan yang tertera, "This is a report for Abbas of Homeschool. The score achieved in IPMA Test 2 was 40/40."

Hadits Arba'in 1: Niat

Hari pertama bersahabat dengan hadits Arba'in Imam An Nawawi. Kami memulainya dengan lantunan hadits tentang niat dari Syaikh Saad Al Ghomidi.  MasyaAllah indah bukan? Link ini saya dapatkan dari Ummu Harits, seorang ibu dari anak-anak yang juga homeschool.



Hadits Arba'in Imam An Nawawi

عن أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول " إنما الأعمال بالنيات , وإنما لكل امرئ ما نوى , فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله , ومن كانت هجرته إلى دنيا يصيبها و امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه " متفق عليه

Arti Hadits:
Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu, dia berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallahu`alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena menginginkan kehidupan yang layak di dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.
(Riwayat dua imam hadits, Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari dan Abu Al Husain, Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaaburi di dalam dua kitab Shahih, yang merupakan kitab yang paling shahih yang pernah dikarang).

Kami juga mendengarkan hadits berserta dengan sanadnya. Sanad hadits tak kalah menarik. Apalagi dalam hadits ini Umar bin khaththab -radhiyallahu anh- disebutkan julukannya "Abi Hafshin". Hafshin sendiri berarti singa, Abi Hafshin artinya bapaknya singa. Julukan ini karena keberanian Umar yang sudah terkenal tersebut.

Karena julukan tersebut, anak-anak kami membuat gambar singa ala mereka. Begini nih gambarnya ^^ lutcu yha? Anak-anak juga membuka kamus bergambar mereka dan menemukan kosa kata baru dalam bahasa inggris.

Belajar hadits tentang niat ini mungkin akan memakan waktu 1 bulan, atau lebih. Mudah-mudahan bisa ada kelanjutannya... ^^

Selasa, 13 Desember 2011

Panduan Kurikulum

Mencoba membuat panduan kurikulum untuk A (7 tahun 10 bulan), anak pertama kami. Doakan semoga bisa istiqomah sampai selesai yha ^^

Al Qur'an
- Memori/menghafal
- Tafsir Ibnu Katsir

Tauhid:
Kitab Tauhid, Dr. Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan, Darul Haq

Hadits
Hadits Arbain

Kisah
Kisah Shahih Para Nabi, Disarikan dari kitab: Qishashul Anbiya Karya Imam Ibnu Katsir. Syaikh Salim bin 'Ied al-Hilali. Pustaka Imam Asy Syafi'i

Bahasa Arab (kelas 1)
Bahasa Arab untuk kelas 1, Penerbit Al Madinah Grup.

Matematika (grade 3)
1. MEP Math
2. BSE

Sains (grade 3)

Sosial (grade 1)

Bahasa Inggris
Raz-Kids

Copywork
Islamic Copywork

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review