Minggu, 08 Januari 2012

Tarbiyatul Abna: Mukaddimah

Setelah menciptakan anak cucu Adam, Allah lalu memuliakan mereka, menguasakan kepada mereka darat dan laut, memberi rezeki dan melebihkan mereka atas makhluk ciptaan-Nya yang lain. Allah Subhanahu wa Ta'ala menciptakan manusia bukan tidak punya maksud atau sekedar main-main. Bukan untuk dilepas begitu saja. Allah menciptakan manusia dengan membawa misi syariat, perintah-perintah, larangan-larangan dan ujian yang harus mereka jalani.

Kemudian pada hari kiamat nanti, Allah akan mengumpulkan manusia lalu meminta pertanggungjawaban mereka atas apa yang telah Dia pikulkan kepada mereka. Apakah mereka telah menjalankan amanah Allah dengan baik? Apakah mereka menjalankan perintah-perintah-Nya dan menghindari larangan-larangan-Nya? Apakah mereka bersabar atas berbagai macam ujian yang menimpa atau tidak?

Termasuk amanah yang Allah pikulkan kepada anak Adam adalah "menggembala" anak, memperbaiki kualitas keturunan dan berupaya menjaga diri dan keluarga dari api neraka.

"Hai orang-orang yang beriman, jagalah diri dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang ditunggui oleh para malaikat yang kasar dan keras yang tidak pernah durhaka kepada Allah dan selalu menjalankan apa yang diperintahkan kepada mereka." (QS. At Tahrim: 6)

Anak-anak adalah rezeki sekaligus ujian dari Allah kepada hamba-hamba-Nya. Apakah para orangtua benar-benar menjalankan amanah Allah kepada mereka atau tidak? Apakah para orangtua mengikuti petunjuk dan hidayah Allah dalam membina anak-anaknya atau tidak? Atau malah gagal dalam membina dan membimbing mereka di atas syariat?

Rasulullah shalallahu 'alayhi wa sallam bersabda:
"Dan sesungguhnya anakmu punya hak atas kamu." (HR. Muslim)

Sumber: Diambil dari sebagian mukaddimah buku "Tarbiyatul Abna, Bagaimana Nabi shalallahu 'alayhi wa sallam Mendidik Anak". Penulis: Syaikh Mustofa Al Adawi. Penerbit: Media Hidayah.

Gambar diambil dari: shooter.fotopages.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review