Minggu, 18 Desember 2011

Astronomi, Planet Bumi

Bagi anak-anak yang bersekolah dirumah, belajar bisa berawal dari kegiatan apa saja. Misalnya saja pagi yang lalu, anak kami A sedang membaca buku tentang astronomi. Dia menceritakan kepada saya keistimewaan buku tersebut. Bercerita tentang bintang apa yang paling besar, satelit planet mana yang paling banyak, dan yang lainnya. Dari proses itu yang manfaat pertama yang saya rasakan tentu adalah bonding antara orangtua dan anak. Selanjutnya saya dapat menikmati celoteh dan apa-apa yang ada dalam pikirannya secara langsung, tanpa perantara orang kedua, atau orang ketiga. Subhanallah... sungguh seharusnya ini adalah kenikmatan yang luar biasa yang dirasakan seorang ibu.


Berbekal buku tersebut maka topik aktivitas belajar sains kami adalah tentang Planet Bumi. Setelah membaca buku, saya mengambil sebuah kertas dan menggambar sebuah lingkaran sederhana yang saya namakan Pizza Bumi. Saya menggambar dengan sederhana, sebelum "mood" anak-anak hilang karena saya ingin penampilan yang lebih menarik dalam mempresentasikan bola bumi tsb. Saya kemudian langsung teringat anak kami Y (5 tahun 1 bulan) baru saja selesai menonton free movie of the week dari BrainPOP Jr yang bercerita tentang pecahan. Jadi saya katakan misalnya saja Bumi ini kita umpamakan seperti lingkaran pizza (yeah... saya tahu bukan lingkaran ^^). Maka 3/4 bagiannya adalah lautan. Y yang menunjukkan seperti apa 3/4 bagian dari satu lingkaran tersebut. Kemudian 1/4 bagian dari bumi adalah daratan. Y kembali menunjukkan bagian yang mana 1/4 itu. Begitu seterusnya ketika saya menemukan fakta benua dengan luas 1/3 bagian bumi.


Pada anak kami A, saya mempresentasikan semisal bumi itu seperti jeruk. Kita belah tengahnya, maka yang dinamakan diameter adalah garis tengahnya jeruk ini. Diameter bumi adalah 12.756 Km, dan keliling bumi adalah 40.074 Km. Dan saya bertanya berapa 1/2nya dari keliling bumi. Anak kami A menuliskan 20.37 Km. Sepertinya Ia lupa menuliskan angka nolnya ^^



Setelah itu anak-anak melakukan aktivitas menggambar bumi. Mereka membuat gambar bumi secara sederhana. Oh, oke... memang gambarnya sangat sederhana ^^ Lalu mencat gambar tersebut dengan pewarna makanan.

Begini hasilnya gambar bumi A dan Y. Bersamaan dengan aktivitas ini, anak kami H (11 bulan) juga melakukan aktivitas sensorik, ingin menggambar planet buminya sendiri. Hehehe...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review