Sabtu, 31 Desember 2011

Menyalin Buku Masa Kecil Para Ulama






Dalam belajar menulis, anak kami A menggunakan pendekatan dengan cara menyalin (copywork) keseluruhan ide cerita. Kali ini kami menggunakan buku berjudul "Masa Kecil Para Ulama," terbitan Wafa Kid.

Alhamdulillah, anak kami sudah menyalin sampai dengan 16 halaman. Tepat dihalaman ini, selesai sudah cerita mengenai ulama Iyas Adz-Dzaki, yang ditulis anak kami. Keseluruhan cerita ulama yang dikisahkan dalam buku ini adalah:

1. Iyas Adz-Dzaki
2. Sufyan bin Uyainah
3. Imam Asy-Sya’bi
4. Imam Asy Syafi’i
5. Imam An-Nawawi
6. Abu Hatim Ar-Raazi
7. Ibnu Al-Jauzy
8. Yahya bin Ma’in
9. Rabiah Ar-Ra’yi
10. Rabi bin Khutsaim
11. Imam Bukhari
12. Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Hal yang menarik hati saya pada kisah Iyas Adz-Dzaki, saya kutipkan sedikit kisahnya ^^ ketika ada seorang guru yahudi yang berkata, "Tidakkah kalian heran dengan kaum muslimin itu? Mereka bilang di surga bisa makan, tapi tidak akan buang air besar, mana mungkin?" Iya menjawabnya dengan baik sekali, "Pak, apakah semua yang dimakan di dunia ini keluar menjadi kotoran?" "Jelas tidak," kata guru. "Lantas kemana perginya yang tidak keluar itu?" sahut Iyas. Guru Yahudi menjawab, "Terserap tubuh!" Maka Iyas berkata, "Lantas dengan alasan apa kalian mengingkari? Jika makanan yang kita makan di dunia saja sebagian hilang terserap tubuh, maka tak mustahil di Jannah seluruhnya diserap tubuh." Subhanallah... jawaban yang cerdas sekali.

Dari kegiatan copywork ini manfaat yang insyaAllah dapat dirasakan adalah pemahaman anak akan isi bacaan bertambah (bi idznillah). Yang kedua, anak memahami aturan-aturan baku dalam menulis sebuah kalimat yang utuh. Misalnya belajar menulis huruf di awal kalimat, menulis nama orang, bagaimana meletakkan tanda kutip, tanda koma, titik dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review